Menjadikan SMKN 1 Barumun Sekolah Unggulan Dengan Supervisi Kelas


Keterangan Fhoto : Rita Emilia Batubara SAg, Kepala Sekolah SMKN 1 Barumun. 

PALASTERKINI ||  Supervisi  suatu kegiatan pembinaan yang di lakukan oleh Kepala Sekolah kepada guru dalam membantu memperbaiki situasi pembelajaran. 

Tujuannya agar para siswa dapat belajar lebih efektif untuk meraih prestasi belajar yang lebih baik lagi. 

Supervisi kelas sendiri merupakan suatu teknik dalam mengamati secara langsung bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran sekaligus membantu meningkatkan pembelajaran sehingga hasil pembelajaran siswa semakin baik. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri Barumun, Rita Emilia Batubara baru baru ini di Sibuhuan. 

Menurut Kepsek bahwa supervisi kelas sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan prestasi siswa  sejaligus nenjadkjan guru lebih profesional. 

Kemudian, menurut kepsek lagi, bahwa dengan supervisi diharapkan akan tercapai tujuan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku serta diikuti dengan pembaruan pembaruan sehingga akan tercapai tujuan pendidikan. 

" Guru diharapkan bisa lebih cerdas dalam memandu media yang materi yang diajarkan, " ucap Kepsek. 

Untuk mencapai hasil pendidikan yang  lebih baik kreativitas dan inovasi guru sangat berperan dalam memilih media. 

" Dengan kreativitas dan inovasi tentunya akan mendukung  meningkatnya prestasi siswa, " ucap Kepsek lagi. 

Dan supervisi kelas inilah yang saat ini saya terapkan di SMK Negari 1 Barumun untuk mendukung upaya menjadikan Sekolah unggulan di Kabupaten Padang Lawas. 

Sementara itu, Pengawas Sekolah Tingkat SLTA sederajat, Elviyanti menjelaskan bahwa apa yang diterapkan oleh Ibu Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Barumun pada dasarnya sudah tepat dalam upaya pencapaian Pendidikan yang lebih baik. 

Sebenarnya supervisi kelas itu dilakukan oleh seluruh Kepala sekolah. Dalam mengevaluasi guru dalam kegiatan belajar mengajar. 

" Jadi supervisi kelas itu bukan untuk mencari kesalahan atau kelemahan guru, tapi sebaliknya agar guru lebih kreatif dan memiliki inovasi untuk pencapaian kesuksesan dalam mengajar dengan hasil prestasi siswa atau anak didiknya. " jelas Elviyanti. 

Oleh karenanya, apabila Sekolah itu ingin maju dan menjadi Sekolah unggulan salah satunya dengan melakukan supervisi kelas, " ujar Elviyanti ( Red) 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama