SDN 0104 Sibuhuan Laksanakan Ujian ANBK

Pelaksanaan Ujian ANBK di Sekolah Dasar Negeri 0104 Sibuhuan.



PALASTERKINI || Sekolah Dasar Negeri 0104 Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang lawas SUMATERA Utara melaksanakan Ujian ANBK 
(Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Senin hingga Selasa, 31 Oktober hingga 1 November 2022.ysng  di ikuti  oleh siswa kelas 5.

Dalam pelaksanaan ANBK di sekolah SDN 0104 Sibuhuan di bagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama terdiri dari 15 siswa. Dan gelombang kedua juga 15 siswa. 

Berhubung karena jumlah siswa SD N 0104 Sibuhuan di kelas 5 ada 45 siswa. Maka diambil kebijaksanaan oleh sekolah bahwa seluruh siswa mengikuti ujian ANBK. 

" Namun yang di kirim laporannya sesuai dengan ketentuan hanya 30 siswa saja, " jelas Kepala Sekolah Asran Hasibuan SAg. 

Lebih lanjut Kepsek SDN 0104 Sibuhuan menjelaskan bahwa ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu di setiap sekolah. 

Sebelum mengikuti ujian ANBK, seluruh siswa kelas 5 telah mengikuti pelatihan atau pelajaran tambahan seminggu dua kali. Dan di jam pelajaran juga diadakan pelajaran komputer. 

Sehingga seluruh siswa disaat  mengikuti ujian ANBK tidak janggung lagi dalam hal pengoperasian komputer. 

Dengan persiapan yang matang dan berkat bimbingan para guru, diyakini para siswa yang mengikuti ujian ANBK akan mendapat nilai minimal standar bahkan melebihi standar yang di tentukan oleh Dinas Pendidikan Padang Lawas. " ucap Asran Hasibuan SAg. 
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris, M. Syahdin Daulay di dampingi Kabid Dikdas,Ahmad Damhuri Hasibuan SE menjelaskan bahwa Asesmen Nasional ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Mendikbud RI untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan Pendidikan. 

Sedangkan Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, ( AKM Literasi, Nunerasi)  Survery Karekter dan Survey Lingkungan Belajar. 

 "Tujuan diadakannya ujian ANBK adalah untuk  mendapatkan informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah sekaligus untuk  meningkatkan hasil belajar siswa, " jelas Damhuri Hasibuan. 

Selain itu kegiatan ujian ANBK ini juga untuk mengetahui literasi membaca para peserta. Disini akan terlihat sejauh mana para siswa dapat memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan materi ujian. 

Kemudian dengan diadakannya ujian ANBK akan didapati penilaian terhadap mutu sekolah. Sekaligus sarana evaluasi dalam upaya memperbaiki kualitas sekolah. 

" Sehingga perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu dapat terpantau sekaligus dapat memantau pengembangan kompetensi dan karakter siswa sekaligus memberikan gambaran tentang karakteristik sebuah satuan pendidikan yang efektif, " ujar Damhuri Hasibuan SE, (Red) 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama