Raport online Berbasis Web Solusi Guru Membuat e- Raport Secara Fleksibel


Muhammad Syahdin Daulay SPdI, MM 

PALAS TERKINI || Disetiap akhir semestet,para guru selalu disibukkan dengan pembuatan raport. Tak jarang para guru harus kerja extra  hingga lembut agar pengisian raport, agar dapat dibagikan ke para siswa tetap waktu.

Untuk mempermudah pekerjaan para guru dalam pengisian raport, para guru saat ini dapat menggunakan raport online atau e-Raport berbasis website.

Keberadaan aplikasi raport online (e-Raport) berbasis web diharapkan mampu mengoptimalkan pekerjaan guru dan wali kelas dalam pelaporan hasil belajar siswa kepada orang tua atau wali murid. 

Mengingat aplikasi raport online merupakan sesuatu yang baru dan banyak para guru yang belum menguasai aplikasi ini. 

Untuk itu para guru perlu mempelajarinya dengan cara mengikuti lembaga kursus atau pelatihan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga yang diakui oleh pemerintah.

Sekertaris Pendidikan Kabupaten Padang Lawas, Muhammad Syahdin Daulay mengatakan bahwa aplikasi raport online merupakan sesuatu yang baru. 

Saat ini  masih banyak guru yang belum menguasai dalam pembuatan raport online. Untuk bisa pembuatan raport online,para guru harus mempelajarinya ,baikmelalui kursus atau mengikuti pelatihan pelatihan yang diadakan oleh lembaga yang diakui oleh pemerintah.
Seperti yang baru baru ini yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga pendidikan memberikan pelatihan kepada para guru dalam pembuatan aplikasi raport online sekaligus cara pengisiaanya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Lawas tetap mendukung sesuatu yang sifatnya untuk kemajuan menuju Padang Lawas yang bercahaya.

Namun dalam pelaksanaannya lembaga tersebut  langsung ke sekolah sekolah dalam menawarkan program pembuatan aplikasi raport online sistim web kepada para guru.
Sistim pendaptaran bagi guru yang ingin mengikuti pelatihan pembuatan aplikasi raport online sistim web dilakukan dengan cara mendapatkan online.

Dan yang ikut tentunya bagi guru yang mendapatkan dirinya secara online dengan aplikasi yang dikeluarkan lembaga penyelenggara tersebut. 

Sedangkan bagi mereka yang tidak mendaptar tentunya tidak akan ikut dalam pelatihan pembuatan aplikasi raport online dengan sistim web.
Segala teknis kegiatan sepenuhnya yang yang membuat adalah lembaga penyelenggara,mulai dari kapan kegiatan dilaksanakan, tempat kegiatan sampai masalah pembiayaan sepenuhnya di kelola oleh lembaga penyelenggara tersebut.

Dan Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas tidak ada keterlibatan nya dalam pelatihan ini. Keterlibatan nya  hanya sebatas memberi dukungan sepenuhnya, apabila itu untuk kemajuan.

Dirinya berharap dengan adanya aplikasi raport online,tentunya para  guru dapat membuat nilai raport dari perangkat (komputer atau laptop) masing-masing, 

Sehingga pekerjaan pembuatan nilai raport menjadi lebih cepat terlaksana dan lebih fleksibel dikerjakan di mana pun dan kapan pun. 

Dengan demikian pelayanan kepada orang tua dan wali murid khususnya terhadap penyajian laporan hasil belajar akan semakin meningkat dan dapat dicapai dengan tepat waktu tanpa harus melakukan lembur yang berlebihan setiap akhir semester ketika proses pembuatan raport sedang berjalan."jelasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama