Pengadilan Tinggi Medan Meletakan Batu Pertama Gedung Baru Pengadilan Negri Sibuhuan

Pengadilan Tinggi Bersama PN Sibuhuan dan  Plt Bupati Foto Bersama.



PALAS TERKINI || Pengadilan Negri (PN) Sibuhuan gelar peletakan batu pertama dan penanda tanganan prasasti pembangunan gedung kantor PN Sibuhuan Baru di Jl. Kihajar Dewantara Sibuhuan, Kecamatan Barumun.


Kegiatan peletakan batu pertama dihadiri langsung Ketua Pengadilan Tinggi Medan Dr. Drs. H. Panasunan Harahap, S.H., M.H. dan juga dihadiri Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHT.MM.MSi, Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi. Kamis (6/10/22).


Dalam peletakan batu pertama Ketua Pengadilan Tinggi Dr. Drs. H. Panasunan Harahap, S.H., M.H. menyampaikan, dengan selesainya pembangunan gedung baru nantinya, akan menjadi motivasi dan semangat baru bagi seluruh aparat dan pegawai yang bernaung PN Sibuhuan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat luas yang membutuhkan layanan.

"Kepada pihak kontraktor tolong pembangunan kantor ini dilaksanakan dengan baik. Jangan main - main karena ini kampung saya. Kantor ini nanti akan menjadi simbol Kabupaten Padang Lawas ," pesannya.

Lebih lanjut, kata Panusunan  berdirinya PN Sibuhuan merupakan gagasan dari sahabatnya, teman sekelasnya, almarhum H. Bahren Lubis. Seorang putra Padang Lawas yang kala itu menjabat sebagai Kabag Perencanaan di MA RI.

"Beliau ( almarhum H Bahren Lubis) sudah berpulang sebelum melihat selesainya pembangunan kantor ini. Kita patut berterima kasih atas jasanya dan berdoa semoga beliau ditempatkan ditempat terindah di sisi Allah SWT, ucapnya.

Di Provinsi Sumatera Utara ini, sambungnya  masih ada 12 Kabupaten yang belum ada pengadilannya.Padang Lawas walaupun Kabupaten baru termasuk yang beruntung karena sudah PN nya dan sepatutnya masyarakat bangga dengan ini. 

"Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Palas agar ikut berperan menjaga dengan baik.Karena masyarakat harus juga merasa memiliki gedung ini,tandasnya.

Sebelumnya Ketua PN Sibuhuan, Lulik Djatikumoro, SH.MH memaparkan,bahwa PN Sibuhuan yg dibentuk bersama 25 PN seluruh Indonesia pada tanggal 26 April 2016 berdasarkan Kepres RI Nomor 14 Tahun 2016 .

Kemudian berdasarkan Keputusan Ketua MA RI Nomor 183/KMA/SK/IX/2018 tanggal 21 September 2018 Tentang Penetapan tanggal dan tempat peresmian Operasional Pengadilan Baru pada tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud Provin


Disamping itu Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHT.MM.MSi juga menyampaikan, selamat datang ke Ketua PT Medan Dr.Drs.H.Panusunan Harahap.SH.MH dan Ketua Daerah Dharmayukti Karini Sumut, Hj Endang S.Panusunan beserta para Hakim Tinggi PT Medan di Kabupaten Palas.

" Di era Globalisasi saat ini dengan kemajuan teknologi dan informasi komunikasi.Masyarakat menginginkan pelayanan cepat dan tepat serta transparan,"terangnya.

Menurut Plt Bupati, kondisi ini menjadi sebuah tantangan bagi seluruh instansi,tidak terkecuali Pengadilan Negeri Sibuhuan sebagai instansi peradilan hukum yang mempunyai tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan peradilan guna menegakan hukum dan keadilan.

"Memberikan pelayanan hukum yang untuk tegaknya keadilan serta kepastuan hukum menjadi Tupoksi Pengadilan," ucap H.Ahmad Zarnawi.

Untuk itu,lanjutnya kita patut bersyukur bahwa didaerah kita berdiri gedung Pengadilan Negeri untuk memberikan pelayanan yang baik untuk pencari keadilan.

Kata Plt Bupati, sarana dan prasarana gedung PN Sibuhuan ini nantinya juga semakin baik dan memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam penegakan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Dengan adanya gedung PN Sibuhuan ini nantinya tentu memiliki arti penting dalam upaya membangun peradaban bangsa yang tinggi dan bermartabat," tambahnya.

Tidak akan maju peradaban dari suatu bangsa,apabila tidak didasarkan atas prilaku kehidupan berkeadilan,imbuhnya.

Plt Bupati juga meminta,lapisan masyarakat mendukung pembangunan gedung PN Sibuhuan ini agar berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

"Mari kita ciptakan ketentraman dengan nyaman dan aman untuk menjadikan Kabupaten ini yang damai dan sejahtera," tutupnya.



Tampak  hadir dikegiatan peletakan batu pertama, Para Pimpinan OPD,Anggota DPD PP, Anggota DPD KNPI, Para Tokoh Adat.(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama