Parade Karnaval Serta Kirap Budaya Meriah HUT RI ke 77 di Hutaraja Tinggi.

Camat Hutaraja Tinggi ,Sudaryono S ,Sos didampingi Forkopincam  melepas peserta parade karnaval.



PALAS TERKINI || Camat Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas), Sudaryono S.Sos melepas parade  karnaval dan kirap budaya dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 Tahun 2022.

Karnaval Budaya ini melibatkan pemerintah kecamatan, sekolah, masyarakat dan seniman lokal dari berbagai desa se Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Camat Hutaraja Tinggi, Sudaryono S.Sos mengucapkan, terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Hutaraja tinggi yang begitu antusias mengikuti pawai karnaval, Selasa (16/8/2022)usai melepas parade karnaval.

Dikatakan, selama dua tahun,kondisi indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang membuat segala aktivitas dan perekonomian terhambat.Namun secara perlahan kondisi tersebut saat ini mulai  beranjak pulih dari pandemi.

Kata Sudaryono, kondisi panasnya sengatan matahari tidak menyurutkan antusias masyarakat mengikuti kegiatan parade karnaval sebagai bukti  semangat kemerdekaan untuk memeriahkan HUT RI ke 77 Tahun 2022.

" Dengan semangat yang berkobar -kobar,para pahlawan kemerdekaan dengan susah payah memperjuangakan kemerdekaan dari tangan penjajah untuk mencapai kemerdekaan yang menjadi harapan bangsa Indonesia," ujarnya.

Momentum 17Agustus 2022 ini,lanjutnya  mari kita mengisi kemerdekaan dengan terus berkarya untuk bangsa dan negara yang ikut berperan mendukung pembangunan di daerah khususnya Kabupaten Palas yang kita cintai.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Parade Karnaval, Rustam Efendi menyampaikan, peserta parade karnaval ini  di kelompokkan berdasarkan tingkatan sekolah dan umum sesuai dengan tema kemerdekaan.

Kata Rustam, peserta yang mengikuti parade karnaval terdiri dari TK atau PAUD sebanyak 8 peserta, SD sebanyak 22 peserta, SMP dan MTs sebanyak  8 peserta,SMA sederajat sebanyak 3 peserta, umum sebanyak 8 peserta dengan total keseluruhan peserta sebanyak  48 kelompok.

"Untuk penilaian parade karnaval ini ada 3 kategori dimana kategori keragaman budaya , estetika dan disiplin," terangnya.

Ia menambahkan,parade karnaval mengambil titik  start dari lapangan Merdeka Pasar Panyabungan dan kembali ke podium kehormatan dilokasi yang sama.

"Tujuan kegiatan parade karnaval ini untuk  memeriahkan HUT RI ke-77 dan  menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap budaya  yang ada di seluruh Indonesia dam kearifan lokal," tambahnya.

Hadir di pelepasan parade karnaval, Danramil 09 Sosa Kodim 0212/Tapsel, Kapten CPL. MS. Nasution diwakilkan Sertu Hotman Siregar, Sertu Heri Harahap dan unsur Forkopincam Hutaraja Tinggi.(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama