Warga Al Muhajirin Gelar Lomba Panjat Pinang Dalam Menyemarakan Kemerdekaan

Lomba panjat pinang semarak kemerdekan menjadi hiburan bagi warga lingkungan Jalan Al Muhajirin, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun.






PALAS TERKINI || Lomba Panjat Pinang yang digelar warga lingkungan Al Muhajirin, Kelurahan Pasar Sibuhuan dalam semarak  HUT RI ke 77  Republik Indonesia berlangsung meriah. 

Acara yang diselenggarakan di Lapangan terbuka lingkungan Al Muhajirin, Sabtu  (20/8/22) ini mengundang antusias warga yang ingin menyaksikan  aksi panjat pinang oleh kelompok pemuda dan anak -anak.

 Di lapangan terbuka Jalan Al Muhajirin tersebut, Ketua Panitia panjat pinang, Abdul Rajab Nasution alias Hoji memgatakan, batang pinang setinggi 5 meter dilengkapi dengan beragam hadiah di puncaknya.

"Kelompok pemanjag pinang terbagi dua tim yang berlaga  harus adu cepat mencapai puncak untuk menjadi juara. Setiap tim terdiri dari lima orang, dan tidak diperbolehkan adanya pergantian peserta," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan lomba panjat pinang ini dapat memberi makna penghayatan nilai perjuangan untuk mencapai cita-cita, serta kekompakan untuk meraih tujuan bersama. 

"Kekompakan bersama menjadi contoh teladan yang harus  ditunjukkan oleh para pejuang bangsa di masa lalu, yang telah mengantarkan Indonesia merdeka," ungkapnya.

Abdul Rajab menjelaskan, melalui lomba panjat pinang inj menggambarkan perjuangan para pahlawan terdahulu. Perjuangan ini kita maknai dalam lomba panjat pinang dan kita aplikasikan dalam semangat membangun dan mengisi kemerdekaan.

 Sebelumnya Ketua DPD AMPI Kabupaten Palas,Mardan Hanafi Hasibuaj .SH.MH mengatakan, lomba panjat pinang ini memiliki makna yang cukup berarti dalam kegigihan para pejuang kemerdekaan dalam merebut kemerdekan dari tangan penjajah.

Swlain itu, lomba panjat pinang ini juga menjadi hiburan warga dalam semarak kemerdekaan yang menggelorakan semangat perjuangan cinta tanah air.

"Tradisi lomba panjat pinang setiap 17-an selalu dinanti warga untuk hiburan yang menggasikan yang membuat gelak tawa warga saat menyaksikan aksi para pemanjat batang pinang yang dilumuri gemuk tersebut," tutup Mardan Hanafi.(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama