Polres Palas Beserta BPBD Mengedukasi Masyarakat Dalam Potensi Karhutla.

Polres  Palas bersama BPBD Palas melakukan sosialisasi Karhutla ke Desa Paringgonan yang dihadiri Kepala Desa serta Perangkat Desa se Kecamatan Ulu Barumun.



PALAS TERKINI || Polres Padanglawas (Palas) melalui Sat Binmas bersama BPBD Kabupaten Palas melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Paringgonan, Selasa (23/8/22) dilingkungan Kantor Camat Ulu Barumun.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan  melibatkan Bhabinkamtibmas Polres Palas dan pihak BPBD Kabupaten Padanglawas (Palas) dengan peserta Kepala Desa, Sekretaris Desa dan tiga Kaur Desa dari 15 Desa se Kecamatan Ulu Barumun.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi melalui Kasat Binmas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan.SH mengatakan, penyuluhan ini salah satu upaya untuk mencegah terjadinya potensi bencana  Karhutla.
" Melalui penyuluhan ini pihak kecamatan dan desa melakukan  pemantauan di daerah-daerah  potensi rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dibarengi imbauan kw masyarakat," terangnya.

Tujuan dari sosialisasi dan penyuluhan memberikan edukasi ke masyarakat yang membuka lahan agar tidak melakukan pembakaran atau istilah stop pembakaran lahan dan hutan," ucap Kasat Binmas Polres Palas.

Menurutnya, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dampak membuka lahan melakukan pembakaran akan dapat dijerat sanski sesuai Undang-Undang bagi setiap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Harapan kita, lanjutnya melalui  kegiatan penyuluhan ini dapat memberi pahaman kepada masyarakat tentang dampak membakar lahan bisa tersampaikan dan dipahami. 

Rahmad Saleh juga mengimbau, kepala desa dan perangkat desa untuk menjaga lingkungan dari kebakaran agar tidak menimbulkan kerawanan agar tidak berpotensi karhutla.

" Jika ada informasi masyarakat mengetahui titik api diwilayah desa atau kecamatan dapat segera melaporkan kepihak Polres Palas atau Polsek terdekat dan pihak BPBD Kabupaten Palas," tutupnya.

Hadir dikegiatan sosialisasi dan penyuluhan tersebut, Kaban BPBD Kabupaten Palas, H. Amit Adi Nasution, Camat Ulu Barumun, Damhuri Daulay, Kepala Desa serta Perangkat Desa dari 15 Desa se Kecamatan Ulu Barumun.(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama