Warga Desa Tobing Tinggi Gotong Royong Buka Akses Jalan Penghubung Antar Desa.

Keterangan Photo : Masyarakat Desa Tobing Tinggi, Kecamatan Huristak bergotong royong buka akses  jalan penghubung dua desa.


PALAS TERKINI || Kepedulian warga Desa Tobing Tinggi, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padanglawas (Palas) terhadap akses jalan umum desa untuk transportasi melintas warga, jalan di dikerjakan secara bergotong royong agar terbukanya akses penghubung antar desa.

Masyarakat Tobing Tinggi dengan kompak membuka jalan tembus ke Desa Pulo Bariang dengan desa tetangga yang selama ini hanya menggunakan jalan tikus.

Sejumlah tokoh masyarakat Desa Tobing Tinggi, Senin (11/7/2022) diantaranya Rajab Harahap (50) dan Amir Siregar (49) mengatakan, warga secara kompak bergotong royong melalukan pekerjaan pembukaan jalan tembus ke Desa Pulo Bariang dengan modal mengunakan material batang kelapa sebagai jembatan yang menghubungkan kedua desa tersebut.

"Dengan semangat kebersamaan untuk saling bekerja agar terbuka akses jalan melalui jembatan dapat membuka hubungan kedua desa ini," kata Rajab yang diamini Amir dan Riswan.

Kata Rajab,warga di Desa Tobing Tinggi ini selalu kompak dan bersatu dalam melakukan sesuatu untuk tujuan kepentingan kebaikan masyarakat.

Seperti yang kita lakukan saat ini,kata dia pembukaan jalan sepanjang tiga kilometer yang menghubungkan Desa Tobing Tinggi dengan Desa Pulo Bariang, yang selama ini hanya menggunakan jalan tikus.

Dengan swadaya masyarakat melakukan gotong royong untuk membuka akses kedua desa yang menghubungkan Desa Tobing Tinggi dengan Desa Pulo Bariang Kecamatan Huristak.

"Kami terpaksa membangun jembatan darurat menggunakan material bahan  pohon kelapa untuk akses jembatan penghubung antar desa," terangnya.

Harapan kami, lanjutnya dengan adanya jembatan ini,masyarakat bisa menggunakan kenderaan roda dua melintasi jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut. 

"Dengan demikian bisa mendukung kelancaran arus transportasi dan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, terutama warga Desa Tobing Tinggi," ungkap Tokoh Masyarakat setempat.


Masyarakat mengakui bahwa budaya gotong royong membangun  kebersamaan sudah sejak lama terlaksana.Bahkan sejak turun temurun dari nenek moyang kita tidak pernah adanya perpecahan antara warga masyarakat.

Menurut data, Desa Tobing Tinggi merupakan salah satu desa di Kecamatan Huristak dengan  jumlah penduduk sekitar 250 jiwa.

"Walaupun desa kami  terpencil  berada di wilayah Kecamatan Huristak,namun sikap mandiri  untuk berkreatif dan berinovasi membangun desa lebih maju dan sejahtera terus diupayakan,"tandas Rajab.(P01)





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama