Komitment HKTI Tngkatkan Ketahanan Pangan Di Padang Lawas.

Ketua HKTI Palas, M Indra Leo Hasibuan bersama Danramil 09 Sosa,Kapten CPL.. MS Nasution di kegiatan penanaman budidaya jagung dalam mendukung program ketahanan pangan. 





PalasTerkini II Upaya mensuseskan Program pemerintah meningkatkan  ketahanan pangan di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) kembangkan  program budidaya Jagung hibrida Bisi 2, 

Program budidaya jagung untuk ketahanan Pangan merupakan program yang di cetuskan Komando Satuan Angkatan Darat (KASAD)  melalui Komando Distrik Militer 0212 /TS. .

Program ini sebagai wujud membantu mensukseskan peningkatan ketahanan Pangan di wiayah hukum Kodim 0212 Tapanuli selatan. 

Dandim Kolonel Inf Amrizal Nasution  bersama Plt Bupati Padang Lawas Drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht MM Msi di damping Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Amran Pikal Siregar S.Sos dan juga Kajari Padang Lawas Teungku Erizal SH. MH juga Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan  melaksanakan penanaman serantak budidaya Jagung Senin 25 Juli 2022 di Desa Siborna Bunut Kecamatan Sosa Julu. 

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas, HKTI, Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Kasatpol PP, para Kepala Desa, beserta undangan lainnya.

Dalam program ini, HKTI menjadi pelaksana teknis untuk pengembangan budidaya jagung tersebut.

Dimana hasilnya nanti di serahkan kepada masyarakat melaui komando rayon militer Kecamatan  Sosa. 

Ketua HKTI Padang Lawas, M. Indra Leo Hasibuan menjelaskan " saat ini kita juga sudah menjalin kemitraan bersama  beberapa perusahaan untuk menampung hasil produksi jagung masyarakat. 

Oleh karena itu kita sebagai organisasi profesi mendorong masyarakat untuk meningkatkan produksi pertanian termasuk palawija padi dan  jagung.

HKTI Siap sebagai fasilitator dan juga pelaksana teknis untuk meningkatkan penguatan ketahanan pangan di Kabupaten Padang Lawas.  

Saat ini kita menata lahan-  lahan tidur yang bisa kita gerakkan menjadi lahan produktif  sebagai sumber aset yang bisa menghasilkan untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas." 

Dia juga menambahkan " saat ini ada lahan masyarakat  di kecamatan sosopan, kecamatan Sihapas barumun, yang sudah masuk masa penyusunan CPCL oleh HKTI Kabupaten Padang Lawas dengan target lebih kurang 500 Hektar yang sudah di persiapkan.

"Untuk pendanaan sendiri, HKTI berkerjasama  dengan pihak ketiga dengan sistem bagi hasil setelah pengembalian modal utuh." jelas Leo Hasibuan 

selain untuk meningkatkan ketahan pangan program ini juga akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah dari produksi Pertanian di Kabupaten Padang Lawas."pungkasnya.(Red) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama